Minggu, 21 Oktober 2018

Kegiatan PROLANIS DM & HT RPTRA SANGKURIANG


PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien25 Oktober 2018.

Tujuannya mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. Sasaran Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis/edukasi, Home Visit, Reminder, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan.

Persiapan pelaksanaan PROLANIS
1.   Melakukan identifikasi data peserta sasaran berdasarkan:
  a.  Hasil Skrining Riwayat Kesehatan dan atau
  b.   Hasil Diagnosa DM dan HT (pada Faskes Tingkat Pertama maupun RS)
2.   Menentukan target sasaran
3.   Melakukan pemetaan Faskes Dokter Keluarga/ Puskesmas berdasarkan distribusi  target sasaran peserta
4.   Menyelenggarakan sosialisasi Prolanis kepada Faskes Pengelola
5.   Melakukan pemetaan jejaring Faskes Pengelola (Apotek, Laboratorium)
6.   Permintaan pernyataan kesediaan jejaring Faskes untuk melayani peserta PROLANIS
7.   Melakukan sosialisasi PROLANIS kepada peserta (instansi, pertemuan kelompok pasien kronis di RS, dan lain-lain)
8.   Penawaran kesediaan terhadap peserta penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi untuk bergabung dalam PROLANIS
9.   Melakukan verifikasi terhadap kesesuaian data diagnosa dengan form kesediaan yang diberikan oleh calon peserta Prolanis
10. Mendistribusikan buku pemantauan status kesehatan kepada peserta terdaftar PROLANIS
11.  Melakukan rekapitulasi data peserta terdaftar

12.  Melakukan entri data peserta dan pemberian flag peserta PROLANIS

13.  Melakukan distribusi data peserta Prolanis sesuai Faskes Pengelola

14. Bersama dengan Faskes melakukan rekapitulasi data pemeriksaan status \ 
kesehatan peserta, meliputi pemeriksaan GDP, GDPP, Tekanan Darah, IMT, \
HbA1C. Bagi peserta yang belum pernah dilakukan pemeriksaan, harus segera
dilakukan pemeriksaan

15. Melakukan rekapitulasi data hasil pencatatan status kesehatan awal peserta
per Faskes Pengelola (data merupakan luaran Aplikasi P-Care)

16. Melakukan Monitoring aktifitas PROLANIS pada masing-masing Faskes
Pengelola:

a. Menerima  laporan  aktifitas  PROLANIS  dari

Faskes Pengelola

b. Menganalisa data
  
17. Menyusun umpan balik kinerja Faskes PROLANIS

18. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional/ Kantor Pusat.



Jadwal Kegiatan PROLANIS 
Kamis, 25 November 2018
Kamis, 22 November 2018
Kamis, 27 Desember 2018

BPJS Kesehatan Kantor Pusat 
JL Letjen Suprapto Cempaka Putih 
PO BOX 1391 JKT 10510 
021-4212938 (Hunting)


                                         





                                           

0 komentar:

Posting Komentar